Senin, 13 Mei 2013

SIKLUS KEHIDUPAN REPRODUKSI WANITA


MENSTRUASI

TUHAN menciptakn wanita berbeda dengan laki-laki dan perbedaan ini sudah ada sejak lahir. Pada wanita ada rahim, pangkal rahim, ovarium, dan saluran telur (tuba fallopi) yang tidak dimiliki oleh laki-laki. Bgian dada wanita pun berbeda dengan laki-laki. Bagian inilah yang menjadi salah satu keistimewaan wanita.

Berkaitan dengan keistimewaan pada wanita, orang akan menjunjung tinggi derajat dan martabat wanita bila dalam kehidupanya berhasil mencetak generasi penerus yang betaqwa kpada tuhan dan berguna bagi keluarga, bangsa dan negara, serta membawa kebahagiaan bagi keluarga. Sebaliknya orang akan memandang rendah derajat dan martabat wanita bila wanita menyalahgunakan keistimewaanya dengan melakukan tindakan yang tidak terpujiatau menjual kehormatan dan tidak menjaga kesucianya.
Proses kewanitaan sendiri dimulai dari masa akil baliq (ubertas 9 tahun- 15 tahun), yaitu berkembangnya semua kelenjar yang ada di tubuh wanita, termasuk berkembangnya semua organ kewanitaan dan fungsinya, antara lain pinggul membulat, buah dada mulai berkembang dan kadang kadang timbul jerawat. Pada masa ini biasanya, wanita mulai mengalami menstruasi. Masa selanjutnya adalah masa kehamilan dan persainan dan diakhiri dengan menoupause.

Apa itu MENSTTRUASI.....??????

 Menstruasi adalah perubahan fisiologis pada tubuh wanita yang terjadi secaraberkala, setiap bulan berupa pelepasandinding rahim (endometrium) yang ditandai dengan keluarnya darah lewat vagina. Wanita memiliki 2 ovarium yang masing-masing menyimpan 200.000 sampai 400.000 sel telur yang belum matang.
Ketika sel telur tersebut matang maka sel telur akan dilepas dari ovarium, kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk kemudian dibuahi.Jika sel telur yang dilepaskan tersebut tidak dibuahi maka dinding rahim (endometrium) akan meluruh dan terjadilah menstruasi.

Menstruasi atau haid mengacu kepada pengeluaran secara periodik darah dan sel-sel tubuh dari vagina yang berasal dari dinding rahim wanita. Menstruasi dimulai saat pubertas dan menandai kemampuan seorang wanita untuk mengandung anak, walaupun mungkin faktor-faktor kesehatan lain dapat membatasi kapasitas ini. Menstruasi biasanya dimulai antara umur 10 dan 16 tahun, tergantung pada berbagai faktor, termasuk kesehatan wanita, status nutrisi, dan berat tubuh relatif terhadap tinggi tubuh. Menstruasi berlangsung kira-kira sekali sebulan sampai wanita mencapai usia 45 – 50 tahun, sekali lagi tergantung pada kesehatan dan pengaruh-pengaruh lainnya. Akhir dari kemampuan wanita untuk bermenstruasi disebut menopause dan menandai akhir dari masa-masa kehamilan seorang wanita. Panjang rata-rata daur menstruasi adalah 28 hari, namun berkisar antara 21 hingga 40 hari. Panjang daur dapat bervariasi pada satu wanita selama saat-saat yang berbeda dalam hidupnya, dan bahkan dari bulan ke bulan tergantung pada berbagai hal, termasuk kesehatan fisik, emosi, dan nutrisi wanita tersebut.
 Menstruasi merupakan bagian dari proses reguler yang mempersiapkan tubuh wanita setiap bulannya untuk kehamilan. Daur ini melibatkan beberapa tahap yang dikendalikan oleh interaksi hormon yang dikeluarkan oleh hipotalamus, kelenjar dibawah otak depan, dan indung telur. Pada permulaan daur, lapisan sel rahim mulai berkembang dan menebal. Lapisan ini berperan sebagai penyokong bagi janin yang sedang tumbuh bila wanita tersebut hamil. Hormon memberi sinyal pada telur di dalam indung telur untuk mulai berkembang. Tak lama kemudian, sebuah telur dilepaskan dari indung telur wanita dan mulai bergerak menuju tuba Falopii terus ke rahim. Bila telur tidak dibuahi oleh sperma pada saat berhubungan intim (atau saat inseminasi buatan), lapisan rahim akan berpisah dari dinding uterus dan mulai luruh serta akan dikeluarkan melalui vagina. Periode pengeluaran darah, dikenal sebagai periode menstruasi (atau mens, atau haid), berlangsung selama tiga hingga tujuh hari. Bila seorang wanita menjadi hamil, menstruasi bulanannya akan berhenti. Oleh karena itu, menghilangnya menstruasi bulanan merupakan tanda (walaupun tidak selalu) bahwa seorang wanita sedang hamil. Kehamilan dapat di konfirmasi dengan pemeriksaan darah sederhana.

gangguan pada MENSTRUasi
GangguanNyeri Perut Disminore
 Banyak wanita mengalami ketidak nyamanan fisik pada masa sebelum atau pada saat menstruasi datang. kadang kadang gangguan tersebut menyebabkan seorang wanita tidak dapat melakukan pekerjaan sehari-hari. Gangguan sakit pada menstruasi disebut dysminore. hal ini terjadi terutama pada awal masa dewasa sampai sesudah menikah.
Gejala-gejala yang sering terjadi berupa :
  • payudara bengkak dan terjadi nyeri
  • perut bagian bawah nyeri
  • mudah tersinggung
  • kram perut karena konstruksi otot-otot rahim
  • sakit kepala
  • mudah letih
  • hidung tersumbat dll .
Gangguan Siklus Menstruasi
 Gangguan haid seringkali terjadi pada sebagian wanita. Haid bisa datang dua kali dalam sebulan, namun di bulan-bulan berikutnya tidak haid.Dapat juga haid normal namun menderita sakit yang luar biasa. Padahal seharusnya haid datang tanpa mengganggu.

Haid adalah darah kotor dan selaput lendir rongga rahim yang terlepas dengan sendirinya akibat perubahan kadar hormon estrogen dan progesterone, yang akan keluar dari rahim melalui liang vagina. Selaput lendir yang lepas tersebut akan diubah oleh zat yang terkandung di dalamnya menjadi lendir. Pembuluh darah di bagian dasarpun akan terkelupas sehingga terbuka, dan darah mengalir ke luar. Kadang-kadang karena sesuatu, selaput lendir belum sempurna menjadi lendir karena misalnya selaput lendir yang terlalu tebal, sehingga darah haid yang keluar akan bergumpal-gumpal. Setelah haid selesai, akan tumbuh selaput lendir baru yang akan terus berkembang hingga mencapai tingkat ketebalan tertentu. Haid akan berlangsung selama beberapa hari, berhenti selama beberapa minggu, dan kembali lagi seterusnya sampai wanita mengalami menopause.

Siklus haid yang normal adalah jika seorang wanita memiliki jarak haid yang setiap bulannya relatif tetap yaitu selama 28 hari. Jika meleset pun, perbedaan waktunya juga tidak terlalu jauh berbeda, tetap pada kisaran 20 hingga 35 hari , dihitung dari hari pertama haid sampai bulan beriutnya. Lama haid dilihat dari dasah keluar sampai bersih, antara 2 – 10 hari. Darah yang keluar dalam waktu sehari belum dapat dikatakan sebagai haid. Namun bila telah lebih dari 10 hari, dapat dikategorikan sebagai ganguan. Jumlah darah haid yang lkeluar perhari adlah 60 – 80 cc, atau tidak lebih dari 5 pembalut yang terisi penuh.


Ketidakteraturan siklus haid disebabkan karena gangguan hormon dalam tubuh. Atau bisa juga terjadi karena penyakit di dalam organ reproduksi, contohnya tumor rahim, tumor di indung telur. Selain itu gangguan haid disebabkan juga karena faktor lainnya seperti stres, kelelahan,dan penggunaan kontrasepsi.

Tingkat kesuburan seorang wanita dapat dilihat dari ada tidaknya produksi sel telur dalam tubuh. Seorang wanita dikatakan subur jika ia mampu memproduksi sel telur sebulan sekali, mematangkan telur, dan mengeluarkan telur yang masih setengah matang dari indung telur. Pematangan sel telur dan keluarnya sel telur dari indungnya merupakan kerjasama dari otak, indung telur, dan kelenjar buntu di otak yang disebut sebagai hipofisis. Hipofisis mengeluarkan hormone gonadoptropin yang terdiri dari hormon FSH (follicle stimulating hormone) dan LH (luteinizing hormone). Hormon FSH memiliki fungsi mempercepat pematangan telur, sedangkan LH menyempurnakan proses pematangan telur hingga dapat mendekati permukaan indung telur untuk dilepas. Jika tidak terjadi pembuahan dalam waktu 24 jam, sel telur ini akan mati.

Setiap gangguan pada hormon FSH dan LH tidak akan menyebabkan terbentuknya sel telur. Jika demikian, hormon estrogen dan progesteron juga tidak akan terbentuk sebagaimana seperti seharusnya.

Siklus haid yang tidak teratur kebanyakan terjadi akibat faktor hormonal. Seorang wanita yang memiliki hormon estrogen dan progesterone secara berlebihan memungkinkan terjadinya haid dalam waktu yang lebih cepat. Jika gangguan haid dikarenakan oleh faktor hormonal, maka dapat dipastikan wanita tersebut mengalami gangguan kesuburan. Dan dapat diatasi dengan suntikan untuk mempercepat pematangan sel telur.

SEMOGA BERMANFAAT ........*_* 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar