Senin, 13 Mei 2013

Rahasia SEHAT dan CANTIK sampai USiLa

Kerutan Wajah ....

Ohh TIDAAAAAKKKKKKKK............!!!!!!



UUpssss.....hehhe...Gak mau kan muka mulusmu cepet keriput ..
makanya yukmari pemirse kita  liat Tips..Tips dri aku.... CeKidott...kidott....

Wajah merupakan bagian unik tubuh kita, pada bagian ini terdapat 120 otot yang melekat pada kulit, tendo atau tulang yang dapat menunjukan ekspresi atas sentuhan dan perasaan si empunya wajah. ada kata kata mutiara " Mata adalah cermin perasaan". Namun kenyataanya, otot sekitar mata pun turut berperan. dengan kedipan sedikit saja, tersirat rasa senang, serius, ataupun marah yang yang disembunyikan. tidak hanya mata yang dapat mencerminkan perasaan, gerakan-gerakan dari bibir juga dapat menunjukan bermacam-macam emosi yang berfariasi. Bergetarnya rahang menunjukan perasaan marah dan mengerutnya kening menandakan konsentrasi. Kerutan terjadi karena kontraksi otot wajah walaupun sebagian kerutan mungkin merupakan bagian permanen wajah. 
Faktor-faktor penyebab kerutan wajah 
1. faktor alamiah
faktor biologis penuaan menyebabkan berkurangnya kelembapan kulit yang diikuti dengan berkurangnya kolagen dan jaringan elastis. 
2. sinar matahari
sinar matahari langsung mengenai wajah secara terus menerus menimbulkan efek penuaan pada wajah. sinar matahari dapat menyebabkan kerutan kerusakan kulit sehinga timbul kerutan-kerutan pada wajah. anda dapat mencegah kontak langsung matahari dengan mengoleskan "sunblock"
3. ekspresi wajah
disamping sinar matahari yang memberikan kontribusi yang cukup banyak terhadap kerutan-kerutan wajah, ekspresi wajah bisa menyebabkan kerutan-kerutan yang akan tercetak di wajah, oeh karena itu, diharapkan beberapa lipatan yang dalam memang dapat dicegah dan dapat diterapi. kerutan wajah dapat dikurangi dan diminimalisir dengan mencegah kebiasaan mudah marah, glisah, gugup dan takut.
satu hal penting yang harus dibiasakan adalah TERSENYUM disepanjang hari hari anda. saat anda tersenyum, hanya sedikit otot-otot yang digunakan untuk berkerut. 
4. merokok
merokok memberikan konstribusi keriput pada wajah. anda dapat melihat bahwa pada orang yang sudah lama merokok akan terlihat lipatan-lipatan pada wajah pada perokok usia 40 tahun tampak sama dengan lipatan-lipatan wajah yang bukan perokok usia 60 tahun. Biasanya,pada perokok lipatan-lipatan kecil menyebar dari atas sampai ke bawah bibir. Gambaran cakar ayam akan tampak pada perokok, juga garis-garis yang dalam akan tampak kotor dan kelabu karena adanya penimbunan nikotin pada pembuluh darah keecil. ada banyak masalah kesehatan yang disebabkan oleh rokok. BERHENTILAH MEROKOK sekarang juga.
5. posisi tidur
Semakin bertambah usia manusia semakin banyak permasalahan yang muncul terutama yang berhubungan dengan kesehatan. Ya ibarat mesin semakin tua umurnya semakin banyak onderdil yang aus. Begitu juga kulit manusia terutama kulit wajah, keriput menjadi masalah yang muncul pada kulit wajah seiring dengan pertambahan umur.
Rata-rata orang menggunakan sperempat sampai sepertiga hidupnya atau umurnya untuk tidur, jadi jika usia anda mancapai 60 tahun maka anda akan menghabiskan waktu untuk tidur selama 15-20 menit, tentunya anda tidak memperhatikan bahwa anda telah menghabiskan waktu 6-8 jam tiap hari.
Tentunya kita tidak akan menyerah begitu saja membiarkan keriput cepat muncul di wajah kita. Banyak yang bisa kita lakukan untuk memperlambat munculnya keriput di wajah kita, antara lain memperhatikan posisi tidur. Ternyata ada beberapa posisi tidur tertentu yang membuat kulit wajah kita cepat keriput, seperti :

Posisi tidur terlentang merupakan posisi yang terbaik dibandingkan dengan posisi tidur menyamping atau tengkurap, karena pada posisi tidur menyamping atau tengkurap akan banyak permukaan kulit wajah kita yang bergesekan dengan bantal dan hal ini akan mempercepat munculnya keriput di wajah. Apabila kita suka dengan posisi tidur tengkurap atau menyamping makan upaya yang bisa kita lakukan adalah menyarungi bantal dengan kain satin yang halus. Tekstur yang halus akan mengurangi risiko munculnya kerutan di wajah.

Usahakan pada saat tidur posisi kepala lebih tinggi dari jantung, sehingga ketika bangun mata tidak terlihat bengkak karena terjadinya penumpukan cairan disekitar mata.

Jangan minum atau makan yang mengandung kafein seperti coklat atau kopi pada saat 3-5 jam sebelum berangkat tidur. Hilangkan kebiasaan minum alkohol sebelum tidur. Semua itu akan membantu kita memperoleh tidur yang lebih nyenyak.  

 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar